Beranda » bibit buah unggul » Nangka Mini

Nangka Mini

Kode: BNM Stok: Tersedia

Warning: A non-numeric value encountered in /home/mimin/public_html/wp-content/themes/olzhop1dot1ap/single.php on line 54
Berat 1000 gram
Kondisi Baru
Kategori bibit buah unggul
Dilihat 2.787 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan

Nangka Mini

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja Anda
Lanjut Belanja
Checkout
Rp 45.000 Rp 55.000
Hemat Rp 10.000
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan yang lebih cepat! Order by WA
Nangka Mini
Rp 45.000 Rp 55.000
Tersedia / BNM
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Nangka Mini

Buah nangka mini merupakan nangka varietas baru. Bagi yang gemar menanam buah dalam pot, saatnya mencoba menanam buah yang satu ini. Nangka mini memang sangat cocok sebagai tanaman buah/hias pekarangan depan rumah maupun tabulampot (tanaman buah dalam pot). Nangka mini dengan ketinggian tanaman yang dapat mencapai 3 – 5 meter tergolong cepat berbuah.

Nangka istimewa ini merupakan salah satu pilihan tanaman buah yang layak di­pilih untuk dijadikan hiasan depan rumah. Nangka mini memiliki sifat genjah dan mulai berbuah pada umur satu setengah tahun. Nangka ini baru dapat dinikmati rasa manis buahnya setelah empat bulan setelah pembungaan.

Bentuk buahnya bulat atau agak lonjong. Berat buah rata-rata nangka mini adalah 5-7,5 kg, tetapi dapat mencapai 15 kg pada varietas tertentu. Warna, aroma, tekstur, maupun rasa buahnya bervariasi tergantung jenisnya. Seperti halnya jenis tanaman nangka lainnya, tempat ideal untuk pertumbuhan nangka mini adalah daerah dengan ketinggian sampai 700 mdpl dengan tanah yang gembur dan agak berpasir.

Tanaman nangka mini memerlukan curah hujan tinggi, yaitu antara 2.500-3.000 mm/tahun untuk dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik jadi harus rajin menyiram kalau musim kemarau agar tidak mati.

Asal Usul Penyebaran
Nangka diyakini berasal dari India, yakni wilayah Ghats bagian barat, di mana jenis-jenis liarnya masih didapati tumbuh tersebar di hutan hujan di sana. Kini nangka telah menyebar luas di berbagai daerah tropik, terutama di Asia Tenggara.

Tanaman nangka mini tergolong serba guna. Buah nangka mini yang muda dapat disayur (gudeg). Sementara buah nangka mini yang matang enak dimakan segar. Biji nangka mini enak dimakan setelah direbus atau dibakar. Daun nangka mini untuk pakan ternak seperti kambing jawa atau lainya.

Batang nangka mini yang telah tua baik sekali untuk bahan bangunan. Warna batang nangka mini semakin kuning tua, mutu kayu untuk bahan bangunan semakin tinggi. Buah nangka mini yang telah matang dapat dibuat dodol dan keripik nangka yang tahan lama disimpan. Tanaman nangka mini baik untuk konservasi lahan miring (curam), tetapi kurang baik untuk pelindung jalan karena daun mudah gugur.

Syarat Tumbuh
Meskipun tanaman nangka mini dapat tumbuh hampir di semua tempat, tetapi tempat ideal untuk pertumbuhan nangka mini adalah daerah yang berketinggian 1-700 m di atas permukaan laut. Tanah yang gembur dan agak berpasir adalah jenis tanah yang disukai nangka mini. Tanaman nangka mini ini membutuhkan curah hujan tinggi, yaitu antara 2.500-3.000 mm/tahun.
Perbanyakan tanaman nangka mini diperbanyak dengan biji. Namun, saat ini dikembangkan dengan cara sambu­ngan karena teknik sambung lebih cepat berbuah.

Batang bawah dapat digunakan untuk perbanyakan dengan sambungan. Walaupun dapat diperbanyak dengan okulasi, tetapi cara ini jarang digunakan. Bila bibit nangka mini berasal dari biji, tanaman mulai berbuah pada umur 2-8 tahun. Namun, bibit dari sambungan sudah bisa berbuah pada umur kurang dari 2-3 tahun.

Buah yang telah matang ditandai dengan durinya yang jarang dan bila dipukul-pukul dengan benda keras akan menimbulkan suara yang menggema serta timbul aroma khas.(int)

Ditambahkan pada: 10 Desember 2015
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*